Konsolidasi Nasional IV FAMM Indonesia



Sesuai dengan mandat yang tercantum dalam AD/ART, Forum Aktivis Perempuan Muda Indonesia (FAMM-I) telah melakukan Konsolidasi Nasional ke-4 pada Januari 2022 dengan dukungan We Lead dan Global Affairs Canada.
Selain sebagai ruang untuk memaparkan laporan pertanggungjawaban 3 tahun, Konsolidasi Nasional juga menjadi momen untuk merumuskan ulang strategi pengorganisasian, alur pengambilan keputusan, alur komunikasi dan hubungan FAMM-I dengan anggota, mitra dan jaringan.
Sampai dengan Desember 2021, FAMM-I beranggotakan lebih dari 350 aktivis perempuan dari 31 Provinsi di Indonesia. Kebanyakan anggota FAMM-I adalah aktivis perempuan yang bekerja memimpin dan mengorganisi komunitas di 5 wilayah yaitu, Sumatera, Jawa-Bali-NTB (JALINTB), Kalimantan, Sulawesi dan Maluku-NTT-Papua (MANTAP). Dengan bertambahnya anggota dan tantangan yang harus dihadapi, FAMM Indonesia perlu mempertajam analisis konteks dan kekuasaan dari pengorganisasian yang dilakukan anggotanya di Indonesia.
Secara umum Konsolidasi Nasional bertujuan untuk menjadi ruang refleksi dan perumusan strategi untuk menanggapi tantangan yang dihadapi anggota di wailayah. Tujuan khusus konsolidasi nasional mencangkup:

  • Menyediakan ruang aman untuk refleksi pengorganisasian perempuan muda,
  • Pertanggungjawaban pengurus periode 2019-2021
  • Memutakhirkan alur pengambilan keputusan dan kerja-kerja harian
  • Merumuskan rencana kerja 2022-2024 (3 tahun ke depan)
  • Pemilihan pengurus periode 2022-2024

Berdasarkan tujuan khusus diatas, Konsolidasi Nasional direncakan menghasilkan 6 keluaran yaitu:

  1. Penetapan revisi AD/ART dan pedoman perilaku
  2. Laporan pertanggungjawaban pengurus dan review rencana strategis 2019-2021
  3. Pemetaan konteks dan aktor di wilayah
  4. Rumusan strategi kerja 3 tahun (2022-2024)
  5. Peta jalan FAMM Indonesia untuk jangka panjang (didalamnya pembahasan legalitas FAMM Indonesia)
  6. Berita acara pengesahan pengurus (representatif wilayah dan koordinator nasional) periode 2022-2024

Konsolidasi Nasional ke-4 dilaksanakan di Gets Hotel, Malang, Jawa Timur pada 25 sampai 30 Januari 2022 (termasuk hari kedatangan dan kepulangan) Peserta berasal dari 6 orang anggota per wilayah, termasuk representatif wilayah dari 26 Provinsi. Fasilitator kegiatan merupakan representatif wilayah sebagai berikut;

  • Sumatera : Ana Yunita Pratiwi
  • JALNTB : Alifatul Arifiati
  • Kalimantan : Mariamah Achmad
  • Sulawesi : Hasmida Karim
  • MANTAP : Elvira Marantika

 Kegiatan berlangsung dengan alur sebagai berikut:

  • Ruang Aman
  • Pertanggungjawaban pengurus 2019-2021
  • Pemilihan pengurus 2022-2024
  • Analisis konteks dan aktor
  • Perumusan strategi dan peta jalan

Kegiatan berjalan dengan sangat baik dan inklusif dan berakhir dengan terpilihnya Hasmida Karim sebagai koordinator pelaksana tahun 2022-2024.

Terimakasih teman-teman semua, ini beban dan tanggungjawab baru di awal tahun, tolong saya ditemani, jangan ditinggalkan, ingatkan saya kalau saya keliru. Koordinator itu adalah wujud saja, tapi FAMM Indonesia adalah kita semua. Untuk Niken dan kepengurusan yang lama, semoga kakak-kakak saya,  kak Dina, Bunda dan Mbak Desti juga semoga teman-teman semua bisa membantu saya. Terimakasih banyak. (Hasmida Karim, Koordinator Pelaksana terpililh 2022-2024)

Selamat untuk Koordinator Pelaksana terpilih dan para representatif wilayah terpilih. Terimakasih banyak untuk Koordinator Pelaksana dan kepengurusan sebelumnya. Semoga FAMM Indonesia bisa terus berproses menjadi lebih baik lagi.  

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email

Leave A Comment

Your Comment
All comments are held for moderation.