Dialog Lintas Generasi

Pada tahun 2008, FAMM Indonesia melihat belum banyak perempuan muda yang bergabung dalam gerakan perempuan. Gerakan dan wacana aktivis masih kuat dipengaruhi oleh sebagian aktivis perempuan senior. Proses regenerasi feminis dan aktivis perempuan di Indonesia belum berjalan dengan baik. Sementara jalan menuju penegakkan hak-hak perempuan masih sangat panjang dan berliku. Gerakan feminis kemudian menjadi identik dengan figur yang kebanyakan berada di Pulau Jawa.

Peserta lokakarya MBI melihat terjadi kesenjangan dalam gerakan perempuan yang meliputi berbagai dimensi termasuk kesenjangan antar generasi, lingkup wilayah, isu dan pendekatan dalam bekerja. Hal itu berdampak pada proses re-generasi dan kaderisasi yang tidak berjalan dengan efektif. Selain itu, lambatnya proses pengorganisasian yang dilakukan di tingkat basis, menyebabkan gerakan perempuan masih dianggap sebagai gerakan elit kelompok perempuan kelas menengah dan perkotaan. Jurang pemisah antara kegiatan pengorganisasian perempuan di akar rumput dengan kegiatan pergerakan perempuan lainnya juga dirasakan masih menjadi halangan. Oleh karena itu di akhir lokakarya, peserta MBI mengusulkan dilakukan dialog antar generasi yang mempertemukan feminis muda dengan senior mereka yang ada di Indonesia.

Secara umum, kegiatan ini ingin menciptakan arena refleksi dan pembelajaran bersama antar berbagai generasi feminis agar dapat saling menguatkan dan saling mengisi dalam perannya masing-masing.

Secara khusus, kegiatan ini diarahkan sebagai arena dialog interaktif antar generasi muda dan senior serta antar peserta dari berbagai wilayah serta untuk mengembangkan strategi re-generasi feminis muda dalam gerakan perempuan di Indonesia.

Beberapa hal yang ingin digali dalam kegiatan ini antara lain: bagaimana peran feminis muda yang bekerja dengan komunitas akar rumput dalam gerakan feminis? Apa yang dapat dilakukan feminis senior untuk feminis muda? Apa yang dapat dipelajari dari gerakan perempuan yang sudah berlalu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *