Direktori MBI

Salah satu kerja utama dari FAMM Indonesia adalah melakukan lokalatih Peningkatan Kapasitas Feminis Muda dan Dialog Lintas Generasi. Kegiatan lokalatih dan dialog ini berada dalam program besar Movement Building Initiative atau disingkat MBI. Peserta MBI tidak serta merta menjadi anggota FAMM. Alumni MBI akan ditanyakan kesediaan mereka untuk bergabung dan berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan FAMM dan menyetujui nilai-nilai FAMM.

Lokalatih peningkatan kapasitas sudah dilakukan sejak tahun 2007 sementara dialog lintas generasi dimulai tahun 2008. Pada tahun 2007-2009, peserta lokalatih dilakukan di tingkat nasional di mana peserta terdiri dari aktivis perempuan muda dari Indonesia dan Timor Leste. Kemudian melihat kebutuhan dan proses di dua negara, dimulai proses JASS Indonesia yang terpisah dari proses MBI Timor Leste. Atas permintaan anggota pada Refleksi Tahun 2011, lokalatih tidak lagi dilakukan di tingkat nasional melainkan di tingkat wilayah sehingga studi kasus dari tiap materi diberikan sesuai dengan kasus yang muncul di wilayah.

Pembagian wilayah yang berlaku di FAMM Indonesia sejak 2011-sekarang yaitu

  • Wilayah Sumatera
  • Wilayah Jawa, Bali, NTB
  • Wilayah Kalimantan
  • Wilayah Sulmantap (Sulawesi, Maluku, NTT, Papua)

Pada tahun 2011-2014, sudah terlaksana dua kali lokalatih MBI di 4 wilayah tersebut yang melibatkan aktivis perempuan muda di tingkat lokal sebagai fasilitator dan peserta. Pangkalan data mengenai alumni MBI dapat dilihat di blog ini. Informasi lebih jauh mengenai kegiatan alumni MBI dan kegiatan FAMM Indonesia dapat dilakukan dengan menghubungi Koordinator Pelaksana, Niken Lestari di alamat e-mail: famm.indonesia@gmail.com.

Salam Solidaritas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *