Membangun Kepemimpinan Feminis Muda

Salam persaudarian,

Tahun 2014 adalah momen pembelajaran yang sangat berharga. Sejak Desember 2013, lokalatih MBI NikenLestaridifasilitasi oleh anggota FAMM Indonesia dari berbagai angkatan. Dari tiga MBI yang dilakukan pada 2014, saya ikut memfasilitasi dua di antaranya. Melalui lokalatih MBI, saya dan kawan-kawan tidak hanya berlatih memfasilitasi tetapi juga belajar membangun tim yang kuat, menghargai dinamika forum, dan mendokumentasikan pengetahuan. Bagi saya, saat itu merupakan momen penting dan salah satu buah manis dari pelatihan dan kerja pengorganisasian yang dilakukan sejak 2007.

FAMM Indonesia dibangun dari pengalaman dan pengetahuan aktivis perempuan muda yang diterjemahkan dalam visi membangun kesadaran kritis dan kepemimpinan feminis muda untuk terciptanya gerakan sosial yang adil gender, kuat dan mandiri. Visi ini direfleksikan dalam berbagai kegiatan yang berhasil dilakukan sepanjang 2014.

FAMM Indonesia tidak bekerja sendiri. Dukungan dari representatif wilayah, para pendiri, anggota, dan aliansi berkontribusi penting dalam pencapaian kegiatan peningkatan kapasitas, kampanye, dan publikasi sepanjang 7 tahun. Laporan tahunan ini memberikan gambaran tentang keberhasilan kegiatan yang telah dilakukan selama 1 tahun terakhir. FAMM-I juga berterima kasih atas dukungan yang diberikan Hivos, FLOW, dan JASS. Dukungan tersebut akan terus meninggalkan jejak yang panjang.

Ada banyak perubahan terjadi di tingkat lokal, nasional dan internasional yang ikut mempengaruhi kerja FAMM-I. Perubahan tersebut menyangkut kebijakan, strategi pengorganisasian, membangun aliansi, dan strategi komunikasi. FAMM-I terus belajar, melakukan evaluasi, dan memperbaiki diri agar dapat merespon tantangan ke depan dengan lebih baik.

Inisiatif penggunaan komunikasi digital dalam politik dan pengorganisasian nasional dan global terus bermunculan, terutama dalam hal menghidupkan kekuatan massa dan mengangkat suara perempuan muda. Oleh karena itu, FAMM-I merasa masih relevan untuk fokus pada pengembangan kapasitas kepemimpinan dan pengorganisasian perempuan muda karena akan berdampak besar dan berjangka panjang di tingkat individu, organisasi, masyarakat dan kebijakan.

Saya merasa bangga melihat komitmen kita terhadap visi yang berkontribusi pada keberhasilan kita menghadapi tantangan di tahun-tahun lalu, dan saya optimis kita dapat mengatasi tantangan lainnya di masa depan. Semangat ♀!

Niken Lestari

Koordinator Pelaksana FAMM-I

Laporan tahun FAMM-I tahun 2014 bisa diunduh di sini.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *