Delegasi JASS dari Perempuan Adat dan Pedesaan

tari sambutan

MEDIA ADVISORY: Delegasi JASS dari Perempuan Adat dan Pedesaan

NARAHUBUNG:
Lauren Gray (lauren@camnopr.com or 212-255-2575)
Natalia Escruceria (natalia@justassociates.org or 925-783-4098)

Para Pemimpin Berbagi Kegelisahan dan Kemenangan selama Pertemuan Tingkat Tinggi PBB

Perempuan pemimpin dari berbagai penjuru dunia berbagi pengalaman pribadi terkait kekerasan dan tantangan yang mereka hadapi di lapangan sebagai aktivis yang mempertahankan tanah, sumber daya dan hak.

WASHINGTON — Just Associates (JASS) membawa delegasi beranggotakan 10 pemimpin perempuan adat dan pedesaan dari Amerika Latin dan Asia Tenggara untuk berpartisipasi di kegiatan yang terkait dengan konferensi internasional PBB mengenai masyarakat adat dan pawai People’s Climate di New York, 22-24 September. Para pemimpin masyarakat akar rumput akan menyampaikan informasi seputar kekerasan dan tantangan yang mereka hadapi sebagai aktivis perempuan adat yang berdiri di garis depan pertempuran untuk melindungi lingkungan dan hak-hak mereka.

“Perempuan adat tidak hanya bersuara kritis untuk melindungi wilayah dan sumber daya mereka—mereka memainkan posisi penting untuk mempertahankan planet kita,” ujar Direktur JASS, Lisa VeneKlasen. “Suara mereka harus didengarkan.”

JASS menyelenggarakan forum publik untuk mengangkat kerja terobosan yang dilakukan oleh aktivis perempuan ini dalam menerapkan solusi kreatif untuk mengatasi perubahan iklim dan ketidaksetaraan, serta menjelaskan tentang bahaya yang mereka hadapi.

Mulai dari wilayah pedesaan di Myanmar, Amerika Tengah dan Meksiko, para pemimpin perempuan ini akan berada di New York untuk berpartisipasi dalam kegiatan terkait hak masyarakat adat dan perubahan iklim, serta untuk bertemu dengan perwakilan PBB.

Para aktivis perempuan ini—pada saat yang sama bagian masyarakat adat, feminis, dan aktivis perdamaian dan lingkungan—menjadi sasaran dan menghadapi ancaman kekerasan, penjara atau pelecehan di negara mereka karena berada di garda depan gerakan masyarakat adat untuk mempertahankan wilayah dan sumber daya alam mereka. Meskipun begitu, mereka dengan berani melawan korupsi pemerintah dan perusahaan dan perampasan lahan yang memecah belah komunitas dan merusak cara hidup mereka.

Pemimpin perempuan adat menghadapi perlawanan yang sangat kuat, tetapi mereka menawarkan visi inspiratif untuk masa depan yang berawal dari aksi perlawanan sehari-hari. Selama forum publik, para perempuan ini akan berbagi visi, strategi dan pembelajaran dari pengalaman. (Lihat daftar di bawah untuk mewawancarai peserta mulai dari 20-24 September dan narahubung)

APA: Our Voices Matter: Indigenous & Rural Women Forging a Just and Sustainable Future (Suara Kami Harus Didengar: Perempuan Adat dan Pedesaan Memperjuangkan Masa Depan yang Adil dan Berkelanjutan)

DI MANA: The Graduate Center, City University of New York, 365 5th Avenue, Room C197, New York, NY 10016

KAPAN: Selasa, 23 September 2014 pukul 17:30 waktu setempat.

SIAPA: Delegasi JASS ke Konferensi PBB tentang Perempuan Adat, termasuk:

• Graciela Arias, (Panamá), the National Coordination of Indigenous Women of Panama (CONAMUIP).

• Moe Moe Myint Aung (Mi Eim Pakao) (Myanmar), Mon Women’s Organization (MWO)

• Lolita Chávez, (Guatemala), the Council of K’iche’ Peoples in Defense of Life, Mother Nature, Earth and Territory (CPK)

• Liliam Esperanza López (Honduras), the Organization of Popular and Indigenous Organizations of Honduras (COPINH)

• Dina Lumbantobing (Indonesia) PESADA (Perkumpulan Sada Ahmo)

• Elvira Marlien Marantika (Vivi) (Indonesia), Humanum, Jaringan Baileo Maluku

• Felicitas Martínez (Mexico), the Community Police of the Costa Chica and Mountain in Guerrero

• Jessica Muller (Nicaragua-Miskitu), the Indigenous Organization of Wangki Tangni Women

• Alejandra Aguilar (El Salvador) Associates for the Self-determination and Development of Salvadorian Women (AMS)

• Heidy Murillo (Costa Rica), the National Association for the Defense of Water and the Alliance of Environmental Networks

• Olvy Octavianita T. (Indonesia), PW AMAN Kalimantan Timur

* Lisa VeneKlasen (United States) Direktur Eksekutif dan salah satu pendiri JASS (Just Associates).

Mohon menghubungi Lauren Gray (lauren@camnopr.com or 212-255-2575) atau Natalia Escruceria (natalia@justassociates.org or 925-783-4098) untuk membuat janji wawancara atau informasi lebih lanjut.

###

JASS adalah jaringan global yang terdiri dari pengacara, praktisi pendidikan populer dan organisator komunitas di 27 negara yang bekerja untuk memperkuat dan menyebarkan suara, aksi, dan kekuatan kolektif perempuan untuk mewujudkan dunia yang adil dan berkelanjutan untuk semua. Agenda global JASS—kekerasan terhadap pembela hak perempuan, kesehatan perempuan dan hak seksual, keadilan ekonomi dan lingkungan—didasarkan dari basis pengalaman dan dimotori oleh aliansi dan tim regional di Amerika Latin, Afrika bagian Selatan dan Asia Tenggara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *